Cara Membuat Nomor Induk Kepabeanan (NIK) untuk Eksportir

Assalamualaikum wr wb.,

Hallo RAN people, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya semua.

Baiklah, di postingan RAN kali ini akan membahas mudahnya membuat NIK. Bagi para pengusaha yang akan bergelut di bidang ekspor, memiliki NIK adalah menjadi syarat utama yang harus dimiliki selain SIUP, TDP, dan NPWP.

Banyak para pengusaha yang merasa kesulitan dalam membuat NIK dikarenakan mereka menyangka bahwa persyaratan dan pengurusannya cukup sulit, sehingga banyak pula jasa yang menawarkan pengurusan NIK ini. Jika anda memiliki cukup uang dan tidak memiliki banyak waktu, anda bisa saja menggunakan jasa pengurusan. Namun, jika ingin menghemat budget maka tidak ada salahnya jika melakukannya sendiri. Sistem pendaftaran NIK saat ini sangat MUDAH karena sudah berbasis online, CEPAT dan GRATISSSSSSSS. Anda hanya membutuhkan laptop/gadget sejenisnya dan koneksi internet.

Baik, langsung saja RAN akan menjelaskan tata cara membuat NIK berdasarkan pengalaman RAN sendiri ya…Prosesnya cuman seminggu setelah submitt, cepat bukan?? Berikut langkah-langkah yang dilakukan:

  1. Siapkan dokumen pendirian Badan Usaha yaitu SIUP, NPWP, TDP, Domisili (Kebetulan yang RAN punya adalah PT).
  2. Scan masing2 dokumen dalam bentuk pdf simpan dalam file terpisah dan masing-masing file harus kurang dari 5 MB
  3. Buka website beacukai.go.id nya
  4. Buat account di website Bea Cukai (Portal Pengguna Jasa).
  5. Di website tersebut Anda dapat mendownload petunjuk pengisian dengan mengklik “Petunjuk Pengisian Registrasi”
  6. Lakukan pengajuan NIK di Portal Pengguna Jasa Bea Cukai pada kolom Sistem Registrasi dan pilih kolom “Registrasi Kepabeanan”, lengkapi semua data wajib dan upload tiap-tiap dokumen perusahaan dikolom yang tersedia.
  7. Apabila semua data sudah lengkap klik “Kirim Data”. System akan menolak apabila ada data yang belum dilengkapi. Jika masih menunggu data lainnya, Anda dapat menyimpan data terlebih dahulu dengan mengklik “Simpan Data”.
  8. Jika anda mengirim data, maka anda akan memperoleh surat terima/penolakan di kotak masuk akun Bea Cukai Anda. Sehingga jangan lupa di cek ya…

 

Tips-tipsnya :

 

  • Sebaiknya tunjuk salah satu freight forwarding/PPJK yang akan dijadikan partner untuk menangani customs clearance dan minta NPWP mereka karna ini akan dicantumkan dalam kolom pendaftaran. Searching atau bertanya di komunitas untuk informasi forwarder, lalu hubungi.
  • Sebaiknya perusahaan didaftarkan kedalam asosiasi yang berhubungan dengan kegiatan badan usaha, keanggotaan juga akan dicantumkan dalam kolom pendaftaran.
  • Pastikan memiliki koneksi internet yang kuat, karna Portal Bea dan Cukai banyak penggunanya jadi sering lemot. Atau bisa juga cari waktu yang sepi pengguna. Contohnya : dini hari sekalian tahajud hehee
  • Untuk pengisian laporan keuangan, jika kurang paham dengan maksud/istilah di formulir tersebut Anda dapat searching terlebih dahulu
  • Sering-sering cek kotak masuk Anda karena proses analisis data sangat cepat, sehingga jika terjadi penolakan Anda bisa langsung lihat di kotak masuk dan memperbaiki datanya langsung. Dan jika diterima maka akan ada surat yang menyatakan bahwa NIK Anda sudah jadi.

Selamat mencoba.

2 thoughts on “Cara Membuat Nomor Induk Kepabeanan (NIK) untuk Eksportir

Comments are closed.