Jahe, Salah Satu Minuman Ahli Surga Yang Disebut Al-Quran

Fresh Ginger

Kata Zingiber sendiri diadopsi dari bahasa Arab, Zanjabil. Kitab suci Alquran pada surat Al Insaan ayat 17 juga menyebut-nyebut soal jahe. Firman Allah SWT:

“Di dalam Surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Maksudnya, mereka, yaitu orang-orang yang berbuat baik, juga akan diberi minum dengan gelas-gelas ini (gelas-gelas yang terbuat dari perak ). yakni, segelas minuman : “yang campurannya adalah jahe.” Terkadang mereka diberi minuman yang dicampur dengan kafur yang dingin, dan pada saat lain diberi minuman yang bercampur dengan jahe yang hangat, agar ada keseimbangan bagi mereka. Terkadang minuman dingin dan terkadang panas. Dia berfirman: “(yang didatangkan dari) sebuah mata air Surga yang dinamakan salsabil.” Yaitu, zanjabil (jahe) ini merupakan sebuah mata air Surga yang bernama salsabil. ‘Ikrimah mengatakan: “Ia merupakan nama sumber mata air di Surga.” Sedangkan Mujahid mengatakan: “Disebut demikian karena alirannya yang lembut dan tajam.”

Tentu,akar rimpang tercatat dalam Al-Qur’an dan disebut “minuman surga” ini,diminati bukan hanya karena kelezatannya. Lebih dari itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT) telah menciptakan jahe sebgai rempah kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat bagi nutrisi dan obat-obatan.

Para ulama, sudah mengenal sejak lama bahwa jahe bisa digunakan sebagai obat beberapa penyakit. Dalam Al Adab As Syar’iyah (3/28),Ibnu Muflih Al hanbali (763H) menjelaskan bahwa rempah-rempah yang popule di dunia Arab dengan sebutan zanjabil ini bisa menghilangkan gangguan pencernaan yang disebabkan jumlah udara gas yang berlebihan di dalam perut.Selain itu,juga mengurangi resiko yang disebabkan oleh makanan yang beku dan kenyal,serta membantu memudahkan proses pencernaan.
Pandangan para ulama itu juga diakui oleh dunia farmasi modern disebutkan bahwa untuk mengatasi mual dan muntah,jahe bisa dihandalkan. Karena jahe mampu memblok serotonim, yakni senyawa yang menyebabkan perut berkontraksi.Juga kandungan gingeros yang ada dalam jahe bisa digunakan sebagai peringan rasa sakit.

Apa kata ahli

Beberapa ahli biologi Universitas Kuwait menjelaskan hasil percobaan mereka.Hasilnya,rempah-rempah yang memiliki nama latin Zingiber offcinale ini amat bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes militus,karena bisa menurunkan glukosa,kolesterol, dan kadar protein dalam air seni secara signifikan.
Secara ilmiah juga, jahe terbukti mampu melawan bakteri escherichia coli, penyebab penyakit diare, yang telah dibuktikan beberapa ilmuwan dari Departemen Mikrobiologi Cina.
Dalam tradisi pengobatan herbal di negeri ini, jahe yang dilumatkan sering digunakan sebagai pertolongan pertama terhadap luka akibat gigitan ular berbisa. Walhasil, Allah SWT telah memberikan banyak nikmat dan manfaat kepada manusia lewat rempah ini.

Sumber: http://guealey.blogspot.co.id/2012/06/tanaman-dalam-al-quran.html

One thought on “Jahe, Salah Satu Minuman Ahli Surga Yang Disebut Al-Quran

  1. Abroccache

    This condition is pretty tied to the reproductive system and may have several causes for example a results of injury or abnormal the flow of blood in the testicles. Core maca through the supplier energetix is surely an herb that tests quite well for many males.

Comments are closed.